IBD Sebagai salah satu materi kuliah dasar umum
Pengertian IBD
Pengertian IBD adalah sebuah ilmu pengetahuan yang
diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum ttg
konsep-konsep yg untuk dikembangkan mengkaji masalah-masalah bersinggungan dgn
kebudayaan.
IBD dipelajari di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic
Humanities, berasal dari istilah bahasa Inggris yaitu “The Humanities’. istilah
Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin yang bisa diartikan manusiawi,
berbudaya dan halus. Dengan mempelajari The Humanities diandaikan seseorang
‘akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Secara
demikian bisa dikatakan bahwa The Humanities berkaitan dengan masalah
nilai-nilai, yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia
berbudaya. Agar. manusia bisa menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu
yaitu The Humanities di samping tidak mehinggalkan tanggung jawabnya yang lain
sebagai manusia itu sendiri. Kendatipun demikian, Ilmu Budaya Dasar sebagai
satu matakuliah tidaklah identik dengan The Humanity
Tujuan IBD
IBD bertujuan untk mengembangkan karakter manusia dengan
cara memperluas pemikiran dan kemampuan kritik terhadap nilai-nilai budaya,
baik yg menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yg menyangkut dirinya
sendiri.
Penyajian Ilmu Budaya Dasar (IBD) merupakan salah satu usaha
yang diharapkan dapat memberi pengetahuan umum ttg konsep yg dikembangkan untuk
mengkaji msalah-masalah manusia dan kebudayaan, Dengan demikian jelas bahwa
matakuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik seorang pakar dalam salah satu
bidang keahlian yang termasuk. dalam pengetahuan budaya, akan tetapi Ilmu
Budaya Dasar sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa
dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan.
kritik terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut org lain dan alam sekitarnya, maupun yg menyangkut pada dirinya sendiri. Dan bahwa dlm masyarakat yg bergabung semakin Cepat dan rumit ini, mahasiswa harus mengalami pergeseran nilai-nilai yang , mungkin sekali dapat membuatnya masa bodoh atau putus asa, suatu sikap yang tidak selayaknya dimiliki oleh seorang terpelajar. Bagaimanapun juga, mahasiswa adalah orang-orang muda yg sedang mempelajari cara memberikan tanggapan dan penilaian terhadap apa saja yang terjadi atas dirinya sendiri dan masyarakat sekitarnya. Sudah barang tentu ia perlu dibimbing utk menemukan cara terbaik yang sesuai dengan dirinya sendiri tanpa harus mengorbankan masyarakat dan alam sekitarnya. Secara tidak langsung Budaya Dasar akan membantu mereka utkk mencapai tujuan-tujuan tersebut.Berpijak dari hal di atas, tujuan matakuliah Ilmu Budaya Dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran.
kritik terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut org lain dan alam sekitarnya, maupun yg menyangkut pada dirinya sendiri. Dan bahwa dlm masyarakat yg bergabung semakin Cepat dan rumit ini, mahasiswa harus mengalami pergeseran nilai-nilai yang , mungkin sekali dapat membuatnya masa bodoh atau putus asa, suatu sikap yang tidak selayaknya dimiliki oleh seorang terpelajar. Bagaimanapun juga, mahasiswa adalah orang-orang muda yg sedang mempelajari cara memberikan tanggapan dan penilaian terhadap apa saja yang terjadi atas dirinya sendiri dan masyarakat sekitarnya. Sudah barang tentu ia perlu dibimbing utk menemukan cara terbaik yang sesuai dengan dirinya sendiri tanpa harus mengorbankan masyarakat dan alam sekitarnya. Secara tidak langsung Budaya Dasar akan membantu mereka utkk mencapai tujuan-tujuan tersebut.Berpijak dari hal di atas, tujuan matakuliah Ilmu Budaya Dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran.
Ruang lingkup IBD
Dua masalh pokok bsa dipakai sbg bahan pertimbangan untk
menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah
:
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) dalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2. manusia yang satu atau universal, akan tetapi yg beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dgan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tdk hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.
SUMBER :
SOAL – SOAL
1.
Masalah apa yg dihadapi dalam IBD ?
A.
Politik
B.
Ekonomi
C.
Budaya dan masyarakat*
D.
Anak dan ibu
2.
Istilah apa yg biasa digunakan dalam IBD ?
A.
Basic Humanity*
B.
Invisible hand
C.
Demos kratos
D.
Glowing neck
3.
Apakah objek kajian dalam IBD ?
A.
Benda Suci
B.
Alam Barkah
C.
Manusia dan Alam*
D.
Tumbuhan
4.
Bagaimana cara berfikir dalam kajian IBD ?
A.
Berfikir logic dan algoritma
B.
Berfikir secara humanity dan saling tolong
menolong*
C.
Berfikir dari sisi managemen perusahaan
D.
Berfikir konservatif
5.
Apakah kepanjangan dari IBD ?
A.
Ilmu Bumi dan Daratan
B.
Ilmu budaya Dasar*
C.
Ilham Budi Danu
D.
Identity Black Dome
Tidak ada komentar:
Posting Komentar